Uang Cepat

Makanan yang Tidak Terlewatkan di Wonosari,Gunung Kidul

Wonosari,Gunung Kidul, Yogyakarta kota yang belakangan ini baru terkenal di kalangan wisatawan dengan banyaknya pantai-pantai indah dan bermacam wisata alam lainnya. Tetapi bagi saya kota ini adalah kota yang sudah saya kenal sejak lama karena ayah saya asli dari sini.
Tidak berbeda dengan daerah lainnya yang mempunyai makanan khas, tentu kota Wonosari mempunyai berbagai makanan yang tidak bisa di lewatkan seperti tiwul beserta gatotnya, nasi merah beserta sayurannya, bakmi jawa beserta ayam kampungnya, teh poci panas beserta gula batu nya, jajanan ringan slondok, soto ayam.
Saya akan membahas beberapa di antaranya


 1. Bakmi Jawa Beserta Ayam Kampungnya

Saat berkunjung ke Wonosari anda dapat menemukan bakmi jawa pada malam hari (jangan berharap ada di siang hari ya). Bakmi jawa ini tidak seperti bakmi yang berada di kota lainnya. Apa bedanya? Bedanya terletak pada ayam nya. Bakmi jawa di Wonosari menggunakan ayam kampung asli yang biasanya di gantung di grobaknya, selain itu yang khas dari makanan ini adalah kuahnya yang menggunakan kaldu dari rebusan babon(ayam betina kampung). Selain itu anda juga bisa meminta tambahan daging ayam yang anda suka seperti kepala, ampela ati, uritan, brutu, dll.
Di jamin anda pasti tidak menyesal jika membeli bakmi jawa di Wonosari. Selain nikmat,harganya pun terjangkau.


2. Soto Ayam

Tentu semua orang pasti sudah pernah merasakan soto ayam, tetapi soto ayam di Wonosari berbeda. Jika ke Wonosari soto ayam pada pagi hari yang paling nikmat menurut saya adalah soto ayam Tan Proyek. Soto berkuah bening yang berisikan ayam kampung, wortel, tomat dan di sajikan bersamaan dengan ayam goreng. Di jamin anda pasti ketagihan jika membeli soto ayam di Wonosari ini. Harganya pun terjangkau. Jika ingin menikmati soto ini anda harus datang pagi hari jangan berharap mendapatkan soto ini pada siang hari karena soto ini sangat laris.

3. Teh Poci Panas Beserta Gula Batunya

Selain makanan nya yang lezat, minuman di Wonosari juga tidak bisa di lewatkan. Biasanya di kota lain bisa menikmati teh poci panas hanya malam hari, tetapi di kota Wonosari anda bisa menikmati teh poci panas kapan saja karena di setiap warung pasti menjual teh poci beserta gula batunya. Teh poci dengan gula batu sangat nikmat sekali karena teh nya yang nasgitel(panas legi kentel) adalah ciri khas nya.




Tentunya anda pulang dari Wonosari harus membeli oleh-oleh yang khas. Anda bisa membeli tiwul beserta gatot dan slondok mentah yang bisa di beli di toko serta pasar Wonosari.


Itulah beberapa makanan yang menurut saya tidak bisa terlewatkan jika berkunjung kesana. 

Penulis: Agdi Frensinata
Comments
0 Comments

No comments :

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment